Tingginya Angka Putus Sekolah di Kota Tangerang Selatan

Masih tingginya angka putus sekolah di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) membuat jajaran Pemkot setempat nantinya mengumpulkan data dan meminta warga melaporkan masalah itu kekelurahan dan kecamatan serta instansi terkait.

Masyarakat berharap rencana dan penangganan anak putus sekolah tak hanya janji saja.
“Kami berharap penangganan anak putus sekolah hendaknya tak hanya umbar janji atau isapan jempol belaka karena memang sangat dibutuhkan masyarakat tak mampu di kota penyangga ibukota ini,” kata Hermawan, warga Ciputat, Tangsel, Rabu (22/5).

Menurut dia, keberadaan anak putus sekolah sebetulnya tak hanya menjadi kewajiban warga atau masyarakat saja tapi pemerintah harus bertangung jawab agar mereka mendapatkan pendidikan yang sama untuk kemajuan bangsa ini.


Menanggapi hal itu, Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie, mengakui bahwa pihaknya memang sudah membuat program khusus bidang pendidikan melihat masih banyaknya anak putus sekolah di wilayah ini. “Kami akan membentuk posko anti drop out atau posko anti anak putus sekolah,” ujarnya.

Masalah atau persoalan yang paling sering terjadi di suatu kota atau kabupaten baru di Indonesia salah satunya adalah pendidikan selain dari tingkat kebodohan, kemiskinan dan keterbelakangan peradaban.
Melalui posko yang nantinya dibentuk ini, tambahnya, warga diharapkan mau melaporkan ke aparatur daerah bila terdapat anak putus sekolah. Walaupun jumlah data atau angka yang pasti terhadap anak putus sekolah di Tangsel masih belum dipastikan tapi disinyalir angka masalah putus sekolah masih cukup tinggi.
Benyamin Davnie, menambahkan walaupun berbagai program di bidang pendidikan sudah digulirkan seperti perbaikan infrastruktur, peningkatan kualitas tenaga pengajar, peningkatan dana BOS untuk buku pelajaran, pemberian beasiswa dan insentif bagi guru honorer.

Namun disinyalir masih ada kekurangan terhadap penangganan anak putus sekolah sehingga Pemkot Tangsel meminta semua pihak termasuk masyarakat ikut memantau masalah pendidikan tersebut. (anton/d)

Sumber : poskotanews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar