Warga Sambut Rencana Beroperasinya Terminal Pondok Cabe

Rencana Pemkot Tangerang menghidupkan kembali operasional Terminal Pondok Cabe  menjadi terminal tipe A di wilayahnya disambut baik warga. Diyakini, pembukaan terminal tersebut akan bangkitkan geliat ekonomi di kawasan tersebut.
 
Menurut Abdul Sanad, warga setempat, pembukaan kembali Terminal Poncab yang terletak di lahan seluas 2,5 hektare, di Jalan Kemiri 7 RT.01/011, Kelurahan Poncab, Kecamatan Pamulang akan menarik minat pedagang, angutan dan juga pemodal untuk berinvestasi di sana.
 
“Dulu, terminal ini sempat mengundang minat beberapa pengusaha angkot untuk membuka kantor cabang. Banyak bus kecil yang melayani berbagai jurusan, seperti Blok M, Stasiun Kota, Pasar Baru, Senen, dan Tanjung Priok, Tanah Abang, Kampung Rambutan, Kebayoran Lama, Parung, dan Muncul tumplek di sini, geliat ekonomi jalas nampak,” katanya.
 
Kini, kata Abdul Sanad, pemandangan miris bisa disaksikan mulai dari gerbang terminal, kantor terminal, loket, hingga jalur lintasan angkutan umum yang sangat tidak terawat. Bahkan, kios yang disiapkan untuk para pedagang juga sudah hancur dimakan rayap.
 
“Mirisnya, tiang-tiang ruko di dalam terminal kerap dijadikan jemuran baju para pemulung dan gelandangan serta depan pintu masukpun terdapat penjual sayuran. Kontan saja, kondisi tersebut membuat siapa saja yang ingin memasuki areal terminal menjadi malas,” jelasnya.
 
Nisan Atik salah satu mantan penjaga terminal era pemerintahn Kabupaten Tangerang menjelaskan, semenjak ada terminal, banyak warga yang berdagang di sekitar terminal, sehingga warga mendapatkan pemasukan. “Dulu sih, kalau ramai bisa dapat uang, singkong saja kalau dijual diterminal laku, sekarang apa yang mau dijual, sepi,”keluhnya.
 
Dirinya menjelaskan apapun yang akan dibangun di tempat ini nantinya, akan menguntungkan masyarakat sekitar ini, perekonomian masyarakat akan bangkit kembali, tidak seperti saat ini, menjadi sepi. “Kalau terminal ini dihidupkan akan jelas ada geliat ekonomi dan itu menguntungkan warga sekitar,” imbuhnya.
 
Heri salah seorang pedagang yang masih ada di depan Terminal Poncab menjelaskan, apapun yang dibangun di areal ini, setidaknya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat wilayah jalan Kemiri. “Memang lebih baik terminal ini dihidupkan lagi, sehingga masyarakat di sekitar ini mendapatkan tambahan pemasukan,” tukasnya.
 
Sebelumnya, Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany dan Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Mursan Sobari menyatakan, akan membangun terminal tipe A di bekas Terminal Poncab. Langkah awal, pematangan Desain Engeneering Detail (DED). Dan jika tidak ada aral melintang, tahun 2013 atau 2014 teminal sudah bisa beroperasi kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar