HUT Tangsel ke-4, RSUD Resmikan Pelayanan NICU

Pamulang,- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang Selatan berencana menggelar sejumlah kegiatan bakti sosial (Baksos) bertepatan dengan peringatan HUT ke-4 pasca pemekaran Kota Tangerang Selatan dari Kabupaten Tangerang. Kegiatan ini bertujuan untuk lebih dekat dengan masyarakat dan memperkenalkan pelayanan kesehatan yang telah ada.

"Ada sejumlah kegiatan Baksos yang digelar untuk masyarakat," ungkap Kepala Bidang Pelayanan Medis RSUD Kota Tangerang Selatan - Yossie, kepada Web Tangsel di Pamulang, Selasa, 13 November 2012.


Dokter spesialis gigi ini menjelaskan, kegiatan Baksos yang digelar antara lain pengobatan massal bagi 500 pasien dan sunatan massal untuk 50 anak. Selain itu, acara yang dilaksanakan pada 24 November mendatang itu juga akan digelar donor darah oleh PMI Kota Tangsel.

"Juga kita mulai meresmikan pelayanan Neonatal Intensive Care Unit (NICU). Pelayanan NICU di RSUD sudah lama berjalan dan baru kita resmikan pada HUT Tangsel ke-4 besok," jelas Yossie.
Ia memaparkan, NICU adalah ruang perawatan intensif di rumah sakit yang difungsikan untuk merawat bayi prematur dan bayi baru lahir sampai usia 30 hari. Bayi-bayi tersebut tentunya memerlukan pengobatan dan perawatan khusus dibawah pemantauan tim dokter guna mencegah dan mengobati terjadinya kegagalan organ-organ vital.

Bayi-bayi yang berada di NICU umumnya adalah bayi dengan risiko tinggi. Bayi risiko tinggi adalah bayi yang mempunyai kemungkinan lebih besar untuk menderita sakit atau kematian daripada bayi lain.

"NICU adalah perawatan untuk semua bayi bermasalah yang memerlukan tindakan khusus, seperti pemakaian alat bantu napas mekanik (Ventilator atau CPAP), pemberian obat-obatan tertentu yang memerlukan pengawasan ketat, tindakan transfusi tukar dan tindakan-tindakan lainnya yang memerlukan pemantauan ketat," papar Yossie.

Perlu diketahui secara singkat, beberapa peralatan yang ada di NICU yang biasa digunakan pada bayi-bayi yang memerlukan perawatan khusus. Hal ini tergantung dari berat ringannya kondisi bayi diantaranya, Feeding Tube sering bayi di NICU tidak bisa mendapatkan makanan yang mereka butuhkan melalui mulut langsung. Sehingga perawat akan memasang selang kecil melalui mulut sampai ke lambung. Sebagai jalan untuk memasukan ASI atau susu formula.

Infant Warmers adalah tempat tidur dengan penghangat yang ada diatasnya sehingga bayi dapat terhindar dari hipotermi. Inkubator adalah tempat tidur kecil yang tertutup oleh plastik keras transparan, suhu di inkubator diatur sesuai dengan kondisi bayi. Terdapat lubang di samping inkubator sebagai jalan untuk perawat dan dokter memeriksa pasien. Alat ini biasa dipakai untuk merawat bayi prematur.

Jalur Infus sebuah kateter kecil yang fleksibel yang dimasukan kedalam pembuluh darah vena. Hampir semua bayi yang dirawat di NICU diinfus untuk memenuhi kebutuhan cairan dan obat-obatan, biasanya di lengan atau kaki atau bahkan dapat dibuat umbilical chateter (sebuah kateter yang dimasukan ke umbilical) pada situasi tertentu dibutuhkan IV line yang lebih besar untuk memasukan cairan dan obat-obatan, ini dilakukan oleh dokter pediatrik. Monitor -bayi di NICU tersambungkan ke monitor sehingga perawat NICU akan selalu mengetahui tanda-tanda vital mereka. Dalam satu monitor dapat terekam beberapa tanda-tanda vital, antara lain denyut nadi, pernafasan, tekanan darah, suhu dan SpO2 (kandungan oksigen dalam darah ).

Alat Terapi Sinar (foto terapi), terapi sinar yang digunakan untuk bayi-bayi yang kadar bilirubinnya diatas normal. Pada saat terapi dilakukan, seluruh pakaian bayi dilepas, kecuali popok, kemudian mata bayi akan ditutup dengan pelindung mata khusus. Lama terapi bergantung dari penurunan kadar bilirubin. Biasanya, kadar bilirubin diperiksa ulang setelah 24 (dua puluh empat) jam pemakaian sinar.

Bubble CPAP (Continuous Positive Airway Pressure), merupakan suatu alat yang mempertahankan tekanan positif pada saluran napas bayi baru lahir selama pernapasan spontan, sehingga pertukaran oksigen serta CO2 di paru-paru bayi berjalan baik. Alat ini biasanya digunakan pada bayi-bayi yang mengalami gangguan pernapasan, seperti pada bayi prematur dan bayi-bayi yang mengalami sesak napas.

Ventilator, suatu alat (mesin) yang dapat memompa dan mengatur aliran udara ke dalam saluran napas melalui pipa (endotracheal tube) yang dimasukkan kedalam saluran napas. Alat ini biasanya digunakan pada bayi-bayi yang mengalami gangguan napas berat atau henti napas (apnoe), atau keadaan-keadaan maupun penyakit-penyakit tertentu yang potensial menimbulkan gagal napas.


Gawat napas pada monatus (bayi baru lahir) merupakan salah satu penyebab paling sering untuk perawatan di NICU. Keadaan ini dapat disebabkan oleh aspirasi mekonium (masuknya cairan ketuban yang bercampur mekonium kedalam paru-paru bayi), penyakit membran hialin (gangguan pengembangan paru-paru terutama pada bayi prematur), pneumonia neonatal (radang paru-paru) dan penyakit jantung bawaan yang berat. Kondisi-kondisi lain yang membutuhkan perawatan di NICU antara lain, sepsis (infeksi berat), perdarahan intrakranial , kejang dan bayi berat lahir sangat rendah (kurang dari 1.000 gram).

Fasilitas NICU RSUD dibawah pemantauan tenaga dokter spesialistik yang profesional. Serta perawat yang terlatih dengan baik dengan kualifikasi khusus NICU yang terampil, dilengkapi dengan peralatan berteknologi canggih. Sehingga dengan sarana dan prasarana medis NICU yang lengkap diharapkan perawatan di NICU RSUD Kota Tangerang Selatan mampu mencegah dan mengobati terjadinya kegagalan organ-organ vital yang dialami oleh bayi-bayi baru lahir, disebabkan kelahiran prematur kurang dari 37 minggu atau pun lahir dengan penyakit bawaan. (bpti-ts)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar