Disdukcapil Adakan pembuatan Akte Kelahiran Keliling

Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangsel adakan pembuatan akte kelahiran keliling untuk anak 0 hingga 1 tahun. Hal ini untuk di setiap kecamatan, secara gratis.
Kasi kelahihan dan kematian Disdukcapil Kota Tangsel Cecep Supardi, mengatakan, kegiatan itu sesuai Perda Kota Tangsel No 9 tahun 2011, tentang penyelenggaran kependudukan. "Ini dilakukan di tujuh kecamatan yang ada di Kota Tangsel," katanya saat melakukan pengumpulan data untuk warga yang akan membuat akte kelahiran anaknya di Aula Kecamatan Pondok Aren, Kamis (1/11).
Pembuatan akte kelahiran itu, hanya berlaku untuk anak usia 0 hingga 1 tahun. "Karena, jika usia anak diatas satu tahun, pembuatan akte kelahirannya sudah melalui proses pengadilan, lanjutnya.
Menurut Cecep, kegiatan tersebut dilakukan Disdukcapil mulai dari Kecamatan Pondok Aren, Pamulang, Setu, Ciputat, Serpong Utara, Serpong dan terakhir Kecamatan Ciputat Timur. "Setiap kecamatan dilakukan selama dua hari. Di Pondok Aren, sudah banyak warga yang mengajukan pembuatannya," jelasnya.
Sebelumnya, pihak disdukcapil bekerjasama dengan kelurahan dan RT/RW untuk melakukan sosialisasi dengan menyebarkan selembaran dan memasang spanduk di daerahnya. "Karena, sesuai Pasal 91, tentang pencatatan kelahiran yang melampui batas. nantinya, bagi anak yang lahir 60 hari tapi belum menbuat akte kelahiran, akan di denda Rp50 Ribu. Tapi saat ini peraturan itu belum berlaku. Mungkin 2013 baru diberlakukan. Sedangkan untuk pembuatan akte saat ini masih gratis untuk anak satu tahun ke bawah," ungkapnya.
Salah satu warga Kelurahan Pondok Pucung RT 7/16, Antary dwi lestari, 22, mengatakan, sangat terbantu dengan adanya kegiatan tersebut. "Sangat membantu dan tidak dipersulit. Karena anak saya sudah hampir satu tahun belum punya akte, dia lahir di dukun beranak. Kemarin, saya mendapat selembaran dari pak RT soal adanya pembuatan akte ini,' kata istri Erik sri windardi itu.
Sumber : Tangerangnews.com/tangsel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar