RSUD Gelar Baksos Operasi Katarak Mata Gratis

Pamulang, Web Tangsel - Puluhan warga tak ingin membuang kesempatan dalam kegiatan bakti sosial (Baksos) operasi penyakit katarak mata (Eye Cataracts) yang digelar Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang Selatan di Pamulang, kemarin. 

“Baksos ini merupakan kerjasama dari Dinkes Propinsi Banten, Dinkes Kota Tangsel, RSUD Kota Tangsel, dan Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) Banten,” ujar Heri Irawan - Seksi Pelayanan Kesehatan Khusus (Yankessus) dan Pengobatan Tradisional (Batra) Dinkes Kota Tangsel.

Dia menjelaskan, animo masyarakat yang mendaftarkan diri untuk memperoleh layanan operasi katarak gratis cukup besar. Terbukti, jumlah mereka mencapai lebih dari 50 pasien ketika dilaksanakan proses screening di Poli Mata RSUD Kota Tangerang Selatan pada Kamis, 21 Juni kemarin. Proses screening dilakukan untuk menentukan apakah pasien layak memperoleh layanan gratis operasi katarak mata atau tidak.

“Saat kami lakukan screening, tercatat lebih dari 50 pasien yang mendaftarkan diri. Mereka berasal dari seluruh kawasan di Kota Tangsel,” jelasnya.

Tetapi, lanjut Heri, tidak semua pendaftar berhasil lolos ke tahap selanjutnya yakni pelaksanaan Operasi Katarak. “Mereka yang lolos dan positif untuk menjalani Operasi Katarak hanya 37 orang saja. Mereka ini lolos proses screening dalam arti, benar-benar positif menderita katarak mata, dan sudah saatnya untuk segera dilaksanakan operasi katarak mata agar tidak semakin parah kondisi kesehatan matanya dan berujung pada kebutaan,” paparnya.

Adapun mereka yang tidak lolos screening, lanjut Heri, dikarenakan beberapa faktor. Misalnya, ada yang bukan penyakit katarak mata, atau ada juga yang memang menderita katarak pada mata tetapi belum saatnya untuk segera dilaksanakan operasi katarak mata.

Heri menambahkan, data warga sasaran yang hendak diikutsertakan pada Baksos operasi katarak mata ini diperoleh dari data yang ada di setiap Puskesmas yang ada di seluruh Kota Tangerang Selatan. 

“Artinya, kami benar-benar melaksanakan Baksos Operasi Katarak Mata ini untuk menyasar target masyarakat yang tepat, sesuai data medis warga masyarakat yang ada di tiap-tiap Puskesmas di seantero Kota Tangsel,” pungkasnya.

RSUD Kota Tangerang Selatan mulai memberikan pelayanan medis sejak 30 Maret 2012 lalu. Berlantai lima dan berdiri di atas lahan seluas sekitar dua hektar, RSUD ini memberikan pelayanan kedokteran dengan didukung oleh empat spesialis dasar yaitu spesialis anak, kandungan, penyakit dalam, dan spesialis bedah. 

Selain itu, memiliki spesialis tambahan yaitu pelayanan spesialis mata. Sedangkan pelayanan laboratorium meliputi kimia klinik, hematologi, urinalisis, faeces, mikrobiologi, imunologi dan toksikologi. Plus, layanan penunjang lain seperti medical check up dan apotik. (bpti-ts)  
Sumber : http://tangerangselatankotaa.go.id/read/news/RSUDGelarBaksosOperasiKatarakMataGratis





2 komentar:

  1. Artikel penting: "Katarak Bisa Disembuhkan Tanpa Operasi?" - http://www.facebook.com/notes/naturally-plus-jakarta-indonesia/katarak-dapat-disembuhkan-tanpa-operasi/198920076842175

    Semoga bermanfaat, GBU.

    BalasHapus
  2. bagi teman-teman yang ingin sembuh, bisa dicoba S Lutena dari Naturally Plus Indonesia, produknya asli import dari Jepang. Banyak teman-teman yang anaknya mengalami kemajuan dan obat ini sifatnya herbal loh.. Yang minat bisa langsung ke www.naturallyplus.net. Salam sehat..

    BalasHapus