Guru Sekolah Umum Terima Bantuan Kitab Suci Al-Qur'an dan Tafsir

Seluruh guru agama sekolah-sekolah umum yang tersebar di tujuh wilayah kecamatan memperoleh bantuan Al-Qur'an beserta terjemahan tafsir tematik dari Kantor Kementerian Agama Kota Tangerang Selatan. Pemberian buku-buku / kitab suci tersebut untuk menambah khasanah pengetahuan bagi para pendidik.

"Semoga bantuan ini mampu meningkatkan kompetensi dan pengetahuan agama," kata Walikota Airin Rachmi Diany, dalam sambutannya di MAN Insan Cendikia, Serpong, Kamis, 28 Februari 2013.


Walikota menjelaskan, perkembangan dunia pendidikan khususnya agama semakin dinamis. Anak-anak peserta didik-pun sudah semakin cerdas dan kritis terhadap beragam permasalahan. Apalagi didukung dengan semakin canggihnya teknologi multimedia. Oleh karena itu, perlu dipahami oleh para tenaga pendidik bahwa dalam kitab suci dan tafsir tersebut terkandung berbagai ajaran yang mampu menjawab semuanya.

Apalagi, sambung Walikota Airin, pada setiap kesempatan pertemuan acara musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) di setiap kecamatan di Kota Tangerang Selatan, masyarakat banyak yang menyampaikan aspirasi agar Pemerintah Daerah memperhatikan lembaga pendidikan agama. Hal tersebut menjadi tantangan bagi aparatur daerah untuk menjawab dan mengakomodir keinginan masyarakat yang sepatutnya mendapatkan pelayanan prima.

"Secara bertahap tentunya kami juga menambah jumlah sarana dan prasarana lembaga pendidikan keagamaan di Kota Tangerang Selatan yang mempunyai motto religius. Pesan saya, kandungan isi dalam kitab-kitab ini bisa diamalkan oleh para generasi penerus bangsa," jelas Walikota Airin.

Di tempat sama sebelumnya, pejabat sementara (Pjs) Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tangerang Selatan - Muhammad Subhi, mengungkapkan, bahwa semua pihak turut bertanggungjawab terhadap kelangsungan dunia pendidikan dan mencetak sumber daya manusia yang Qur'ani. Tenaga guru agama menurutnya sangat memiliki peranan penting dan strategis dalam mencetak dan membentuk karakter peserta didik.

Pembangunan tak hanya berkaitan hanya pada perbaikan infrastruktur sarana dan prasarana pelayanan masyarakat saja. Menurut Subhi, pembangunan iman dan takwa, khususnya bagi peserta didik selaku generasi penerus bangsa sangat penting dan tak bisa dikesampingkan. Mereka akan menjadi penerus perjalanan bangsa ini dan modal pendidikan agama harus seiring dan sejalan dengan kegiatan pembangunan lainnya.

"Dalam membangun sebuah bangsa, membangun sebuah daerah, memerlukan akhlakul karimah. Kitab suci Al-Qur'an dan tafsir ini mengandung semua petunjuk bagi kita terhadap beragam masalah. Saya berharap, seluruh guru di sekolah-sekolah umum juga mampu membumikan Al-qur'an, tidak hanya dipelajari tapi juga pengamalannya," terang Subhi.

Subhi mengakui, selama mengemban tugas dan menularkan ilmu pendidikan agama bagi peserta didik, memerlukan keseriusan dan tekad yang bulat serta terpatri bagi seluruh guru. "Kalau guru tidak mencintai profesinya dengan tulus, maka kinerjanya akan buruk. Kalau orang sudah mencintai profesi maka akan selalu diberikan kemudahan dan hasilnya pun akan baik pula," aku Subhi.

Pada kesempatan itu Walikota Airin disaksikan Kepala Dinas Pendidikan - Mathodah, Ketua MUI - KH Saidih, dan sejumlah pejabat daerah lainnya secara simbolis menyerahkan bantuan kitab suci dan tafsir kepada perwakilan guru-guru sekolah umum di Kota Tangerang Selatan. Usai kegiatan penyerahan, Walikota juga menyempatkan diri untuk melihat-lihat kantor sementara Kementerian Agama Kota Tangerang Selatan pascapembentukannya.(bpti-ts)

Sumber :tangerangselatankota.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar