Tertib Berkendara, Dishubkominfo Tangsel Gelar AKUT 2013


kendaraan bermotor termasuk awak kendaraan umum, memiliki tanggung jawab dan resiko yang besar menghadapi kecelakaan di jalan raya. Oleh karena itu, setiap pengemudi kendaraan bermotor harus menguasai mental, teknik serta dapat mentaati setiap marka atau rambu-rambu lalu lintas secara baik dan benar.

“Mudah-mudahan kegiatan ini bisa memberikan motivasi bagi pengemudi yang lain agar tercipta keamanan dan kenyamanan dalam berlalu lintas,” ungkap Sekretaris Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Tangerang Selatan - Agus Budi Darmawan, di Graha Widya Bhakti Puspiptek, Kecamatan Setu, Senin (13/5/2013).


Melalui kegiatan pemilihan Awak Kendaraan Angkutan Umum Teladan (AKUT) Tahun 2013 ini, terang Agus diharapkan menjadi momentum untuk membentuk karakter para peserta dan memberikan motivasi bagi para pengemudi lainnya agar tertib saat berkendara.

Kegiatan yang diikuti oleh puluhan peserta ini, menurut Agus, sekaligus juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) para pengemudi. Mantan Camat Setu ini menjelaskan, sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Pemerintah Daerah berkewajiban memberikan pelayanan dan pembinaan bagi para pengendara kendaraan bermotor.

“Upaya untuk meningkatkan keselamatan berkendara tentunya bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja. Tapi tanggung jawab kita bersama. Makanya perlu dilakukan koordinasi oleh semua pihak, sehingga penanganannya dapat dilaksanakan secara terpadu, efektif, efisien dan tepat sasaran,” jelas Agus.

Di tempat sama, Kepala Bidang Angkutan Dishubkominfo Kota Tangerang Selatan - Wijaya Kusuma, memaparkan, dalam kegiatan pemilihan AKUT ini, poin penting yang ditekankan pada aspek kerapihan, sikap, keaktifan, dan pengetahuan dengan bobot nilai dari 10 sampai 100.

Peserta yang jumlahnya sebanyak 13 orang ini dipilih menjadi tiga terbaik. Selain tes secara tertulis, para peserta AKUT juga mengikuti tahapan praktek di Pusdiklantas Polri, Serpong Utara. Mereka berasal dari sejumlah utusan perusahaan otobus, jasa taxi dan bus angkutan umum yang ada di Kota Tangsel.

“Pemberian hadiah secara simbolis akan diserahkan langsung oleh Ibu Walikota (Airin Rachmi Diany) pada saat apel upacara nanti,” papar Wijaya.

Setelah dilakukan serangkaian tes terhadap setiap peserta, tambah Wijaya, maka diputuskan untuk juara pertama AKUT Tingkat Kota Tangsel 2013 atas nama Wahyudin dari Taxi Ekspress dan berhak menerima hadiah uang tunai senilai Rp 2,5 juta dan piagam penghargaan.

Juara kedua Budiyanto dari Taxi Blue Bird memperoleh hadiah uang tunai Rp 2 juta dan piagam penghargaan. Serta juara ketiga, Darmansyah dari perusahaan yang sama berhak menerima hadiah uang tunai Rp 1,5 juta dan piagam penghargaan.

“Para pemenang nantinya akan mewakili Tangsel untuk ikut ke lomba serupa tingkat Provinsi Banten. Awak angkutan umum juga sejajar dengan insan pembangunan lainnya. Makanya kami ingin memberikan pengakuan dan penghargaan profesinya,” tambah Wijaya.(bpti-ts)

Sumber : tangerangselatankota.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar